Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen buah di Kecamatan Cibinong dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam membeli buah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Tujuan penelitian deskriptif adalah untuk membuat pencandraan secara sistematis mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi. Pengambilan sampel konsumen menggunakan metode Simple Random Sampling. Sejumlah 60 orang konsumen di Pasar Cibinong diambil sebagai sampel secaraSimpleRandom Sampling. Data sekunder diperoleh dari lembaga atau instansi terkait. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen digunakan model regresi korelasi. Hasil penelitian menunjukkan : Karakteristik responden adalah di Pasar Cibinong sebagian besar perempuan (ibu rumah tangga) yang berumur 25 – 35 tahun dengan tingkat pendidikan SMU, memiliki tingkat pengetahuan yang cukup tentang kesadaran gizi dan manfaat buah bagi kesehatan. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat preferensi konsumen buah adalah tingkat pendidikan, pendapatan, ketersedian buah dipasar, umur, harga buah, pengetahuan akan manfaat buah, banyaknya jumlah buah yang dibeli, anggaran belanja, jumlah anggota keluarga, frekuensi belanja dan status sosial. Oleh: Nurdin Maryam (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Maluku (Indonesia)). Jurnal Agrilan (Jurnal Agribisnis kepulauan). Tahun 2012, Vol. 1(1) p. 85-100